2-3 bulan belakangan ini punya teman maya baru, huihihihi, namanya Kak Vera. Udah sering baca blognya, udah sering bbm-an, bahkan mpe dikasih hijab segala (makasih ya Kak), tetapi lom pernah ketemuan T-T. Nah dari silang cerita chat yang heboh, terselip pesan dari Kak Vera, kalo kapan2 nginap di Puncak, menginaplah di Grand Ussu. Wah, pas banget. Memang udah lama ga ke Puncak dan bingung juga kalo ke sana nginap dimana. Dulu pernah sih nginap di Taman Safarinya, tapi kan kita mau wisata hotel jujaaa..hahaha.

Kayak apa si Grand Ussu? Grand Ussu adalah penginapan yang terdiri atas beberapa cluster dengan model villa sampai hotel. Tiap cluster punya desain dan fasilitas tersendiri. Bisa buka webnya di grandussu.com, tapi beraaaat… Plus banyak banget pilihannya, rempong juga nunggu koneksi buat liatin satu2.

Jadilah akhirnya gw telv aj di hunting line: (0251)8256808. Begini kira2 percakapannya.

“Mbak, saya mau pesan kamar ya.” I Yang type apa, Bu? I “Yang ukurannya paling besar berapaan Mbak, harganya?” I Bentar ya, Bu.. (Eh2, kamar yang paling besar itu type villanya apa ya? *pembicaraan di belakang telv). Baik Bu, yang paling besar adalah tipe Cattleya. Harganya 750rb. I “Oh begitu..itu bednya ukuran queen atau king-sized, Mbak? Soal saya bawa anak kecil.” I Bentar ya Bu..(Eh2, Cattleya itu bednya ukuran berapaan sih?) Ya Bu, ukuran 180×200 I “Oooh..ga ada ya yang kamar di tipe villa manaa gitu yang ukuran bednya 200×200?” I Bentar ya Bu. (Eh2..kita punya ga sih bed yang ukuran 200×200?) Ya Bu, tidak ada. I “Hmm..kalau kamar yang bednya ada 2? 1 double, 1 single. Ada ga Mbak?” I Baik, sebentar Bu. (Eh2, ada ga kamar yang …..)

Oalaaaah… (hela nafas..). Kesimpulannya, udahlah webnya ga lengkap, bagian reservationnya juga kurang cakap, hehehe. Ga hapal dia sama kualifikasi hotel tempatnya bekerja, boo.  Tapi ya sudah, justru disinilah pentingnya review dari saya (cling!!), melirik ke 3 orang yang udah nagih2 review di blog padahal baruuu aj pulang dari Puncak T-T.

Jadi, berdasarkan pengalaman menginap selama semalam disana, resume yang dapat ditarik adalah sebagai berikut:

1. Hotelnya ada di km 79, sebelah kanan dari arah Jakarta. Patokan gampangnya, setelah Cimory Resto. Dari luar sepertinya kecil, pas masuk ke dalam, luas yaaaa. Fasad cluster2nya juga lucuk2, hampir sama si bentuknya, model minimalis manis. Di kamar sudah tersedia handuk dan toiletries, serta TV. Masalah ukuran TV berapa inch, flat apa engga, tergantung tipe clusternya. Juga sudah include sarapan pagi untuk 2 orang.

2. Total ada 8 cluster. Beberapa gw foto sendiri, biasaaa..nodong roomboy yang lagi beberes kamar, hehehe. Beberapa lainnya gw ambil dari webnya.

Cluster Rose (15 kamar) dekat dengan resto dan kolam renang. Cukup buka pintu, jalan 3 menit, sampai deh. Cuma cluster Rose ukurannya kecil banget dan bangunan lama. Isinya cuma tempat tidur, kamar mandi, dan lemari. Tempat parkirnya di depan cluster. Review cluster Rose bisa liat di sini.

Cluster Lily (23 cottage) bentuknya kayak rumah petak yang bersebelahan dan punya connecting door. Di tiap ruangannya terdiri atas kamar, kamar mandi dan living room. So buat kamu yang datang dengan 2 keluarga, pengen gabung tapi pengen pisah juga (apaaa maksudnya ini). Ulang, pengen gabung tapi pengen privasi juga, Cluster Lily adalah jawabannya. Lily dilengkapi dengan tempat parkir privat tapi sepenglihatan gw, kamarnya..hehe..agak sempit ni :D.

Cluster Krisan (7 kamar) terletak agak kesono (maksudnya ga ngadep mana2, gitu). Ngadep tembok pembatas cluster dengan dunia luar. Secara posisi sih, dekat sama resto dan kolam anak, tapi..kalo jalan, muter juga kali ya. Juga punya privat carport. Jalannya cuma muat 1 mobil dan kalo ga salah buntu deh :(. Sila lihat fotonya..itu saya udah mundur2 mentok ke tembok, dapat gambarnya cuma segitu :D.

Cluster Tulip terdiri atas 2 cottage. 1 cottagenya berisi 3 kamar, lengkap dengan private carport, living room, dan meja makan. Kalau dibandingkan dengan Safari Bungalow yang gw tempati tahun lalu, dengan harga yang sama, ini jauh lebih recommended. Someday kalau gw liburan lagi beserta bokap  nyokap dan bou, akan gw ajak ke cluster ini :D.

Cluster Bougenville (26 kamar dalam 3 lantai), Eforbia (6 kamar dalam 2 lantai), dan Garbela (15 kamar dalam 2 lantai) letaknya lebih ke belakang. Bentuknya sudah seperti hotel. Kalau 4 cluster sebelumnya, bentuknya seperti rumah :D. Bangunan baru yaa..bangunan baru, jadi terasa lebih fresh dan benderang. Lebih leluasa juga. Desain kamarnya hampir miriplah, ratenya juga sama. Review tentang Garbela dapat dilihat di web ini.

Cluster Cattleya 1 (24 kamar?) adalah cluster yang gw tempati dan yang paling baru. Letaknya paling ujung, alias kalo mau ke resto or kolam ya butuh 10 menit jalan kaki. Tapi ya kenapa mesti jalan, naik mobil aj to yo…parkiran ada banyak kok, eeheheh. View balkonnya langsung ke Gunung (jangan tanya saya apakah itu Gunung Gede/Salak). Kamarnya luas, ukuran 35m2 mungkin. Lantainya warna putih so efek terang kerasa banget. Kalo bangunan lama seperti Rose, Lily dan Krisan, lantainya warna krem tua, jadi berasa rada gelap. Kamar mandinya juga oke punya. Aku suka banget sih sama kamarnya :D. Sayangnyaaaaaa, di sebelah lagi dibangun Cattleya 2, jadi seharian tukang kerja terus dengan mesin las-nya. Nguwiiingg…nguwooongg…e cape de. Ga gitu jelas sih kalo di kamar tapi tetep aj mengurangi kenyamanan.

Berikut adalah room ratenya:

Karena Cattleya masih baru, jadi belum masuk di list. Kemarin sih gw kena di harga 750rb/malam for weekend.

3. Grand Ussu ini punya kolam renang anak yang lumayan bagus, letaknya bersebelahan dengan Restoran Bellanova. Airnya dingin, tapi ya namanya anak2, mana peduli sama airnya. Asal ketemu temen, bisa cipak cipuk, kecibang kecibung, lupa deh sama orang tuanya :D. Ada playgroundnya juga loo. Lumenjen, ada sliding, rumah2an, jungkat jungkit, dan ayunan. Alif senang banget main kesini, palagi kalo udah ketemu teman2 seusia. Hebooh lari sana lari sini. Ada club car juga. Kita bisa telvon ke resepsionis, minta dianterin ke resto or kolam, atau bisa juga minta dianterin pulang ke kamar :D. Gratis!

4. Resto buat sarapan namanya Bellanova. Secara jumlah kamar mungkin lebih dari seratus, restonya cuma satu, yagh kebayang aj ramenya kayak apa. Ruapeeeet (eh jangan bayangin ikan sarden dipepetin tapi, yaa). Menunya termasuk lumayan, ada nasi goreng, sosis2an, pancake+madu botolan, roti dan selai, beberapa pastry, bubur ayam, dan omelette. Jam sarapan adalah jam 7-9 pagi. Enaknya, walo rame gitu, kamu ga usah takut keabisan, karena sebentar2 makanan digelontorkan. Tapi alangkah baiknya jika jumlah pelayannya ditambah 3-4 orang lagi agar lebih nyaman. Kasian lo koki omelettenya, stress gitu mukanya. Soal yang masak cuma dia, yang antri anak2 berjibun,”Pak, udah jadi Pak? Pak, omelette 1 ya Pak. Pak, pesanan saya tadi mana? Paak, masih belum juga??” (ehm, yang barusan itu saya yang komplain, qiqiqiqiq). Btw, di dekat Cattleya lagi ada proses pembangunan resto Amarylis, mungkin juga supaya Bellanova ga gitu padat. Dari desain bangunannya, waah Amarylis pasti bakal lebih keren selain itu viewnya juga langsung ke gunung.

5. Yang sweet, di kamar yang gw tempati disediakan sajadah bo. Duuh seumur2 nginap di hotel, lom ada yang nyediain sajadah, terharu gini gw, huwaaaa. Gatau deh apa itu sajadah tamu yang ketinggalan atau memang termasuk salah satu fasilitas. Tapi perasaan di foto Cluster Tulip juga ada hamparan sajadah, iya ga sii…(scroll ke atas, liat foto Cluster Tulip). Hal lain yang juga gw appreciate adalah Grand Ussu memberikan pengumuman (halo2) yang jelas dan lantang tentang jam “sistem buka-tutup”. Ngebantuin banget buat mutusin timing naik atau turun gunung.

6. Deket dari mana2. Sebentar, kita review tempat makan dulu yaa. Jadi untuk lunch kemarin kita makan di KFC Puncak. Kata orang, KFC Puncak rasanya bedaaa. Alif makan paha ayam bawah+nasi. Ayah makan paha ayam atas+nasi. Emaknya makan 2 waffle, kentang goreng, sup krim, paha ayam atas+nasi. Perasaan rasanya standar aj, hehehe. Malah sup krimnya cepet dingin secara makan outdoor, dimana hembusan angin dingin serta merta membekukan kepulan asap sup krimku (mulai lebay). Nah, untuk dinner kita makan di Cimory Resto. Cimory Resto is highly recommended, anyway. Alif makan nasi goreng ayam. Ayah makan nasi goreng kecambrang. Emaknya makan nasi sup buntut+dimsum 8 potong+segelas susu cimory. Semuanyaaa enak. Tambah lagi ada playgroundnya, wah Alif hepi banget deeeh. Naaah, ini dia info pentingnya. Pas pulang dari Cimory jam 8 malam, kita kena macet. Untuuung aj Grand Ussu itu deket, jadi ga kena macet terlalu lama.

Kesimpulan akhir: Grand Ussu is recommended karena hotelnya bersih dan nyaman, toiletnya berkilau, parkirnya banyak dan leluasa, fasilitas lengkap, dekat dari mana2, harga juga variatif sesuai kamar yang dimau. Kalau mau kamar yang oke, pilih yang baru2 aj seperti Cattleya, Garbela, Eforbia, Tulip, dan Bougenville. Sampai sekarang Grand Ussu masih terus membangun. Keknya bakal lebih besar dan lebih wah deh. Jadi ga sabar liat Amarylis Restonya nti seperti apa. So, happy staying in :D.

About these ads
Comments
  1. vera says:

    Huaaaaaaa…lengkap kap kap reviewnya…..aku baru nyobain 2 cluster di sana, memuaskan jg siy

    Like

  2. dian aihara says:

    kalo udah ke ussu pasti pgn ksana lagi, secara restoran asyik bisa nambah trs kalo makan blm kenyang. yg penting tiap cluster bersih bgt deh. apalagi view gunungnya, keren……

    Like

  3. wuri handayani (ruri) says:

    Siiiiiip! Thanks reviewnya…kebetulan besok mau rapat di sana… :D

    Like

  4. boenda angels says:

    Thanks reviewnya jeng…. lumayan lengkap n jelas bgt serta gs bhsa penulisannya asyik pnya… hehehee. Sukses slalu

    Like

  5. Lagi nyari2 hotel buat liburan di puncak, gak sengaja nyasar ke blog ini… Lengkap banget reviewnya… Hotelnya juga menarik. (“,)
    Langsung deh referesi in ke suami… dan.. langsung call untuk reservasi (“,)
    Makasih ya jeng (“,)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s