Posts Tagged ‘martabak kubang margonda’

  

Gw akhir2 ini mau menggalakkan program wisata kuliner. Telat sebenarnya kalo baru mulai di usia yang sudah masuk 28 ini, tapi ga da salahnya kan. Lagian selama ini gw ga gitu seneng wisata kuliner karena lebih mengutamakan masakan rumah yang jelas2 jauh lebih sehat dan terjamin (alesaaaan..alesaaan).

Hasil wisata kulinernya? Jelas ga semua yang memuaskan. Ada yang recommended, ada yang memuaskan tapi pelayanannya kurang, ada yang so-so, ada juga yang bikin kuciwa, ahh :(

Baiklah berikut review dari tempat makan yang RECOMMENDED versi lidah gw (list akan bertambah dari waktu ke waktu). Satu hal yang ingin gw tegaskan, lidah orang beda2. Enak menurut gw, ga mesti enak menurut orang lain. Selain itu, yang namanya manusia selalu berubah. Sekarang enak, bisa jadi lain waktu engga enak, demikian juga sebaliknya :). Jadi keep tryin’ aj guys!!

  1. Bakso Saboga : lokasi Margo City lt 2, Depok. Menunya ada yang udah paketan, tapi bisa pesan perbuah sesuai selera juga. Enaak euy,,,kenyang juga gila. Kalau makan disini, pesen teh tariknya, segeeer. Rada mahalan, perorang bisa 25ribuan (Aug, 2009).
  2. Bakso Satrio : lokasi Jl Ridwan Rais di pengkolan depan Indomaret. Naah, hepi deh soalnya ni bakso deket ma rumah :p. Kalau buat jajan2 sore or malam, palagi kalo udara lagi dingin, pas banget deh beli ni bakso. Seporsinya paling banter cuma 7 rebu, enyaaak (Des, 2009). Jadi ini sebenarnya kost2an, cuma lantai bawahnya dipakai buat jualan bakso. Beuh, enak banget yang jadi anak kostnya yak. Makanan enak deket, jangan2 bisa kasbon juga lagee, wkwkwkwkwk.
  3. Cibiuk : lokasi Jl Margonda, kalau dari arah Jakarta dia di sebelah kanan. Walo dari luar kayaknya tempatnya kecil, ternyata begitu masuk ke dalam gede juga loh. Di bagian belakang ada saung2 plus kolam ikan yang nyaman banget. Menu andalan disini adalah gurami bakar sambal cobek, enak! Gw juga nyobain sup seafood ala Cibiuk (mahal, tidak enak, isinya dikit), otak2 (enak), tahu kipas (enak), palagi yaa kok lupa :p. Per orang bisa kena lumayan mahal, sekitar 60 ribu (Des, 2010).
  4. Gandy : lokasi Jl Raya Muchtar, Sawangan Depok, yang menuju Parung. Dari arah Sawangan, terletak di sebelah kanan. Menu utamanya gurami bumbu pecak. Lumayan enak tapi ada yang bikin BT juga disini. Pelayannya ela elo (istilah gw buat orang yg lelet). Kita lagi enak2 mesan ma dia, eh dipanggil orang lain di gubug seberang, dia mau aj, kita ditinggal! Mang, sopan dikit napaaa?? Harga per orang bisa kena 35-40 rebuan (Dec, 2009).
  5. Gubug Makan Mang Engking : lokasinya di jalan keluar kampus UI, Depok. Rasanya oke cuy, (recommended lahh!!!). Menu andalannya udang bakar madu. Harganya..yah kalo dirata2kan perorang bisa kena 40 rebuan dah (2009). Cuma tempat ini rameeee banget kalo wiken. Lo kudu pesan tempat sehari sebelumnya, kalo ga bisa terancam ga dapat tempat.
  6. Hanamasa : lokasi Margo City lt 2, Depok. Ini resto Jepang yang all U can eat. Masuknya bayar 80 rebu (2009), untung waktu itu ditraktirin :D (mahal, gila!). Bisa pilih yakiniku (goreng2an) atau shabu2 (rebus2an). Btw, masak sendiri loh, jangan ngarep dimasakin. Kali pertama gw datang, yummy..kali kedua gw datang, yummbwek (eneg). Poinnya 8 deh, yang yummbwek ga usah dimasukin :p
  7. Ikan Bakar 1000 Pulau : lokasi Jl Margonda, seberang pom bensin, sebelum perempatan Juanda (sebelah kiri kalau dari arah Jakarta). Heran juga, kenapa gw ga pernah singgah ke sini sejak dolo? Soal walopun gaak2 sepi ternyata santapannya sedeeep euyyy. Harga perorang jatuhnya sekitar 40 rebuan (Jan, 2010). Kemarin kita makan gurame saus padang (minta saosnya yang pedas), udang lada hitam, sapo 1000 pulau, dan bawal bakar. Wih saos padangnya pedes ditambah nasinya panes, jadinya semua ludesss!! Tapi ada satu yang gw sesalkan, disini ga ada tempat lesehaaaannnn (I lub lesehan).
  8. Ikan Bakar Babe Naseri : lokasi di Jl Sawangan, Depok dekat RS Bakti Yuda. Rasanya lumayan enak (cobain gurami bakarnya deh). Harganya menyerupai Saung Mang Engking (2009), tapi secara lokasi lebih asik Mang Engking. Naah, kalo mau sambil belanja di Pasadena Sawangan, baru pas ni makan di sini soalnya tempatnya sebelahan :p
  9. Martabak Kubang : lokasi Jl Maronda, kalau dari arah Jakarta dia ada di sebelah kiri. Udah lama sebenarnya pengen kesini, tapi kok keliwaat terus. Kemarin aj mpe maksa, kalo ga liwat lagi deh, hohoho. Martabak Kubang itu ternyata Martabak Mesir yaa..duh udah lama ga makan beginian, kangen bangeet! Harganya 28 – 45 rb tergantung mau yg spesial apa engga. Disana juga jual sate padang dan roti cane dengan berbagai rasa (manis mpe gurih). Sate padangnya juga enak tapi mahal sih, 18 rebu (Des, 2010).
  10. Pidie 2000 : lokasi Jl Raya Margonda, seberang Toko Buku Gramedia tapi lebih sonoan lagi (ke arah Jakarta maksudnya). Naah, kalo ini yang enak mie rebusnya, pedesnya paass. Pesan yang Mie Rebus Spesial deh, udangnya banyaaak. Yang masak bapak gendut. Pernah waktu gw datang ke sana yang masak embak2, tau deh mungkin bapak gendutnya lagi sakit. Walhasil, mie rebusnya jadi ga enak deh L, jadi kalo kesana liat juga siapa yg lagi masak. Perporsi harganya 13-15 ribuan (2009). Sempatkan juga untuk mencoba kuenya, enak deh. “Kue surga..”, kata nyokap, ah lebayyyy… :D
  11. Sagoo Kitchen : lokasi Margo City lt 1, Depok. Lumayan enak. Tadinya gw pikir ini tempat makan khusus dari sagu, eeh ternyata makanan biasa, macam nasi goreng, kwetiaw, rujak, dll yang ditulis pake bahasa Indonesia jaman dulu (oe oe gitu). Cobain Loempia Berontaknya deh, krispyyy. Uniknya, disini juga menjual produk jaman dahulu macam wafer Superman, pasta gigi Supradent, permen rokok, biscuit bunga2 kecil, cokelat ayam, permen Hecks, dll (emang masih diproduksi yaa?). Suami gw mpe excited banget. Harga makanannya kisaran 20 ribuan (2010), porsinya juga banyak :D, dijamin kenyang.
  12. Sate Padang Suko Mananti : lokasi di Jl Nusantara. Kalau dari arah Pasar Depok Jaya, pas setelah pertigaan lampu merah yang menuju flyover (Jl Arief Rahman Hakim). Kudu ati2 liatnya, ntar keliwat loh. Satenya enak, sotonya lumayan tapi yg paling enak itu kerupuk sambelnya, kriukkkk!! Harga sate maupun sotonya cuma 9 rebu rupiah saja (Mar, 2010).
  13. Saung Fitri : lokasi di Jl Kartini dekat stasiun KA Depok Lama, kalo dari arah Jakarta, dia ada di sebelah kiri. Sama, ni juga direkomendasikan ma tante gw (yang punya temennya, wahahah). Rasanya lumayanlaah..Cuma ini ga ada kolam. Jadi saungnya diletakin di halaman gitu aj. Pemiliknya juga jualan barang2 dari kayu jati. Waktu itu kita ber-5 kenanya sekitar 150 ribuan. Pssst, ada karaoke gratis lo :p
  14. Saung Talaga : lokasi di Jl Raya Sawangan, teruuus aj ke arah Kubah Mas, nah dia di sebelah kiri tuh. Ni tempat direkomendasikan ma tante gw. Kita cobain deh, rame2 bareng keluarga waktu itu. Pikir gw masih lezatan Mang Engking, tapi disini enaknya jual duren loh. Wahahaha, mantap!! Terus bisa main sampan juga. Perorang bisa kena sekitar 30 rb (2009) – tanpa duren loh yak.
  15. Solaria : lokasi Margo City lantai dasar, Depok. Ni tempat makan kayak udah jadi tempat makan seribu umat ya bagi para pengunjung mal Margo City, soal tiap gw kesana, ga pernah engga rame. Engga pernah!! Selain murah, kisaran 15 rebu-20 rebuan (2009), masakannya juga enak2 si menurut gw. Fave gw chicken cordon bleu, nasi plus ayam rica2, sama nasi goreng teri medan, yummy…
  16. Sushie Rock n Roll : lokasi Jl Margonda, setelah Bubur Jagung. Kalau dari arah Jakarta dia ada di sebelah kanan. Awas keliwat soal tempatnya kecil. Tapi walo gitu, rasanya lumayan enak euuy, murah lagi, kisaran 20 ribuan. Ada sih yang rada mahalan, 45 ribuan tapi perasaan rasanya sama2 aj deh dengan yang 20 ribuan, hohohoh. Gw rasa, Depok sebagai kota yang maju harusnya punya resto sushie yang lebih banyak lagi, yaga yaga yagaaaa.
  17. Ta-wan : lokasi Margo City lt 1, Depok. Lezzaaat, poinnya 9. Gw kesini karena banyak temen yang bilang enak, eh ember enaak..Spesialis masakan Cina, banyak deh menunya. Cobain lumpia Li Hong Kie-nya, yummyyy banget!! Mending makan disini rame2 deh, soal per menu harganya rada mahal, qiiqiq. Kalo makan berdua, kan ga mungkin cuma pesan 1 menu. Gw waktu itu makan ber-5 kenanya perorang sekitar 40rb (glek !)-2010.
  18. The Harvest : Lokasi Jl  Margonda, sebelum pertigaan Juanda, kalau dari arah Depok menuju Jakarta. Awasss pasang mata, soal plangnya agak2 kurang eye catching penempatannya. Kalo kelewat, waaah bisa sejam tuh balik ke sana lagi (lebay). Ini tempat, jangan tanya deh harganya, mahaal..Gw liat di menu, spaghettinya 35 rebu tapi kok porsinya seperti cuma 4 sendok gitu? Nampol ga nii?? Yang jelas waktu gw kesana alasannya si karena mau beli kue tart, sama es krim. Fave gw tiramisu coklat, fave nyak gw adalah blueberry cheese cake. Tartnya kalo yg ukuran paling kecil utk 1 orang tapi udah bikin eneg itu harganya 17.500 rupiah saja (2010). Gpp sekale2…(lebih enak lagi kalo ditraktir :p).
  19. Warung SS : Lokasi sebelah Hotel Bumi Wiyata, kalau dari arah Jakarta dia ada di sebelah kanan. Lo pengen makan dengan sambel pedes dan ga takut muleees?? Sila datang kesini. Sesuai dengan namanya, varian sambalnya mpe 22 macam. Cobain aj atu2, gw mah ga kuaat. Tapi yang jelas ayamnya enak, tahu tempenya enak, telurnya enak, cucok deh buat ngajak anak2 traktiran ultah :p. Perorang bisa kena 20-25rb :)